1. Segmentasi pasar
Segmentasi
pasar adalah proses identifikasi subklompok konsumen yang memiliki kesamaan
dalam hal keinginan , daya beli, lokasi geografi , sikap pembeli atau kebiasaan
pembeli (kotler,2000).
Segmentasi
pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli
yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda
yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau
segmentasi pasar bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses
pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia
perbedaan antara pembeli di pasar.
Bagi
sebagian perusahaan pasar dapat di kelompokkan menjadi dua segmen pasar utama yaitu:
§ Konsumen akhir atau consumers market
Membeli produk untuk mereka konsumsi
sendiri atau bersama keluarganya.jumlah
produk yang di beli tiap kali pembelian tidak banyak dan membeli produk di saat
memerlukan.
Contoh:ibu rumah tangga.
§ Pembeli institutional, institutional buyers
atau industrial market.
Membeli produk tidak untuk di konsumsi sendiri,melainkan
untuk tujuan lain misalnya di pergunakan
sebagai peralatan operasional organisasinya, di peroses lebih lanjut
atau di perdagangkan kembali secara menguntungkan.
Contoh:
badan-badan pemerintah,
perusahaan swasta dan pemerintah, pabrik,dll.
Dalam
buku Marketing An Introduction, Philip Kotler dan Gary Amstrong membagi segmen
pasar tersebut dilakukan berdasarkan perbedaan empat macam kriteria yang
berikut :
•
Faktor Geografis (Geographic)
•
Faktor Demografis (Demographic)
•
Faktor Psikhografis (Psychographic)
•
Faktor sikap atau perilaku konsumen (Consumers Behavioristic)
1.
Segmentasi Pasar Secara Geografis
Secara
geografis pasar dapat dikelompokan menjadi beberapa segmen yaitu segmen pasar internasional,
nasional, lokal, dalam dan luar kota.
2.
Segmentasi Pasar Secara Demografis
Dapat
dibedakan menurut umur, gender, suku, ras,r agam, latar belakang pendidikan,
pekerjaan,
jabatan
dan jumlah anggota keluarga. Faktor demografis mempunyai pengaruh besar
terhadap jenis dan tingkat mendesaknya
kebutuhan barang dan jasa. Dengan demikian faktor demogarfis akan mempengaruhi jenis dan jumlah barang atau jasa yang dibeli
setiap golongan konsumen. Tidak hanya itu faktor demografis pun akan
mempengaruhi selera, cita rasa, gaya hidup dan pola konsumsi masing – masing segmen
pasar secara demografis.Karena perbedaan selera, gaya hidup, cita rasa yang
disebabkan adanya perbedaan gender yang sudah sejak lama .
Secara
demografis para pembeli intitusional
dapat di bedakan dalam beberapa jenis segmen pasar berdasarkan kriteria:
§ Sector industri dimana mereka berusaha,
§ Skala usaha bisnis mereka (kecil, menengah, atau besar ) dan
§ Lokasi usaha mereka.
3.
Segmentasi Pasar Secara Psikhografis
Yang termasuk dalam faktor psikogarfis
adalah penggolongan sosial, gaya hidup, dan pola konsumsi.
Ketiga faktor psikografis tersebut
mempengaruhi kebutuhan, pola konsumsi, dan keinginan seseorang
untuk memiliki barang dan jasa.
4.
Segmentasi Pasar Secara Behavioristik
Dalam segmentasi pasar secara
behavioristik konsumen dibagi menjadi beberapa segmen
pasar berdasarkan jadwal pemakain
produk, manfaat yang ingin diperoleh, status pemakai,
intensitas konsumsi, kesetiaan, dan
kesiapan membeli.
Keriteri yang di gunakan dalam
analisis segmentasi pasar
§ Jumlah potensi pemerintah tiap segmen pasar
dan tingkat pertumbuhan.
§ Tingkat persaingan pasar.
§ Perbandingan antara manfaat yang di peroleh
perusahaan dan tambahan biaya yang di tanggung.
§ Kekuatan dan kelemahan perusahaan, termasuk
kemampuan sumber daya dan dana yang mereka miliki.
§ Tujuan jangka menengah perusahaan.
§ Kemampuan
menghimpun dana tambahan.
Dalam
melakukan segmentasi pasar , ad 4 langkah yang harus di ambil (Hawkins
dkk,1998):
·
Mengidentifikasi
perangkat kebutuhan produk
·
Mengelompokkan
konsumen yang memiliki perangkat kebutuhan yang serupa.
·
Mendeskripsikan
setiap tkelompok.
·
Memilih satu
(atau lebih) segmen yangakan dilayani.
a)
Segmentasi
dan kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen adalah perasaan
senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya
terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya.
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
Kepuasan Fungsional, merupakan
kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena
makan membuat perut kita menjadi kenyang.
Kepuasan Psikologikal, merupakan
kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal :
Perasaan bangga karena mendapat pelayanan.
b)
Segmentasi
dan profitabilitas
Profitabilitas adalah kemampuan
perseroan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik
untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas perseroan biasanya
dilihat dari laporan laba rugi perseroan (income statement) yang menunjukkan
laporan hasil kinerja perseroan.
c)
Penggunaan segmentasi dalam strategi
pemasaran
Agar segmen pasar dapat bermanfaat maka harus memenuhi beberapa
karakteristik:
·
Measurable : Ukuran, daya beli, dan profil
segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit diukur.
·
Accessible : Segmen pasar harus dapat
dijangkau dan dilayani secara efektif.
·
Substantial : Segmen pasar harus cukup besar
dan menguntungkan untuk dilayani.
·
Differentiable : Segmen-segmen dapat
dipisahkan secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap
elemen-elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
·
Actionable : Program yang efektif dapat dibuat
untuk menarik dan melayani segmen-segmen yang bersangkutan.
Langkah
dalam mengembangkan segmentasi yaitu
1.
Mensegmen pasar menggunakan
variabel-variabel permintaan, seperti kebutuhan konsumen, manfaat yang dicari,
dan situasi pemakaian.
2.
Mendeskripsikan segmen pasar yang
diidentifikasikan dengan menggunakan variabel-variabel yang dapat membantu
perusahaan memahami cara melayani kebutuhan konsumen tersebut dan cara
berkomunikasi dengan konsumen.
contoh Pola Segmentasi Pasar Pada PT.panasonic.
di mana perusahaan Panasonic berusaha untuk memasarkan produknya
di Indonesia dan sampai keluar negri. Biasanya tergantung pada kualitas produk
perusahaan dan sifat kompetisi yang mempekerjakan perusahaan saingan dalam
mencoba untuk memperluas pangsa pasar.
Bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pansonic adalah :
Produk: produk Panasonic dengan berbagai bentuk penawaran mulai dari produk listrik rumah hi-fi sistem untuk peralatan penyiaran dan alat elektroni seperti Televisi, lemari es, Air Connditioner (AC) khususnya mesin cuci dan masih banyak lagi, Sehingga panasonic merupakan salah satu perusahaan unik bagi para pesaingnya.
Produk: produk Panasonic dengan berbagai bentuk penawaran mulai dari produk listrik rumah hi-fi sistem untuk peralatan penyiaran dan alat elektroni seperti Televisi, lemari es, Air Connditioner (AC) khususnya mesin cuci dan masih banyak lagi, Sehingga panasonic merupakan salah satu perusahaan unik bagi para pesaingnya.
Harga: Harga merupakan alat
yang penting dalam kompetisi dan dengan demikian perusahaan menggunakannya
sebagai mekanisme untuk mengalahkan atau menjatuhkan para pesaingnya dalam
memasarkan pruduk. Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan ini menjadi pemimpin
pasar karena harga murah terkait dengan produk yang ditawarkannya dari pada
harga produk yang tawarkan oleh pesaingnya.
Strategi manajemen saluran distribusi. Selama ini Panasonic masuk lewat
saluran tradisional maupun modern. Pt Panasonic menjual melalui ritel modern,
special store, distributor independen, serta cabang pemasaran. Kontribusi
terbesar terhadap total penjualan selama ini datang dari ritel modern.
Tempat:
Merupakan saluran distribusi penjualan setiap perusahaan dan perusahaan
Panasonic memiliki saluran distribusi terbaik yang telah mengakibatkan peningkatan
tingkat keuntungan perusahaan.
Promosi:
Perusahaan Panasonic telah terlibat sendiri dalam kegiatan promosi produk
hingga ke Inggris dan hasil yang signifikan telah dicapai karena konsumen telah
merespon dengan baik produk-produk panasonic.
Alat
yang digunakan sabagai bauran komunikasi terhadap masyarakat yang dilakukan Panasonic:
Kegiatan : biasanya panasonic mengadakan suatu kegiatan sepeti jalan santai, acara hari kemerdekan dan lain-lain. biasanya produk panasoni merupakan salah satu doorprice yang diberika terhadap masyarakat, itu bertujuan agar masyarakat dapat lebih mengenal produk panasonic.
Sponsor : panasonic sering memberikan sposor dalam acara-acara besar seperti frestival Band dan sebagainya dan itu juga salah satu usaha agar masyarakat dapat lebih mengenal produk panasonic.
Kegiatan : biasanya panasonic mengadakan suatu kegiatan sepeti jalan santai, acara hari kemerdekan dan lain-lain. biasanya produk panasoni merupakan salah satu doorprice yang diberika terhadap masyarakat, itu bertujuan agar masyarakat dapat lebih mengenal produk panasonic.
Sponsor : panasonic sering memberikan sposor dalam acara-acara besar seperti frestival Band dan sebagainya dan itu juga salah satu usaha agar masyarakat dapat lebih mengenal produk panasonic.
Sponsor
Panasonic dibuat dengan memberi dukungan untuk sejumlah acara dan kegiatan yang
menyuarakan filosofi untuk memberi sumbangan kepada masyarakat dengan
menyediakan teknologi modern.
Sumber:
- Sutojo, Siswanto. Manajemen Pemasaran Untuk Eksekutif Non-Eksekutif, Jakarta : PT Damar Mulia Pustaka, 2009.
- http://tripratamamuswinda-ea21.blogspot.com/2012/10/perilaku-konsumen-pertemuan-2.html
- http://rizasyaputra92.blogspot.com/2012/11/segmentasi-pasar.htm
- http://johannessimatupang.wordpress.com/2012/11/12/manajemen-pemasaran-lanjutan-kelas-pagi-dan-sore-november-2012/blog-tugas-ii-peserta-manajmen-pemasaran-pagi-desember-2012/ http://executive.kontan.co.id/news/meningkatkan-produk-untuk-segmen-korporasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar